Tuesday, May 12, 2009

Tips Menyimpan Buah di Rumah

Tips menyimpan buah yang baik di rumah :

1. Untuk buah lokal seperti mangga, pisang, alpukat atau sirsak yang masih setengah matang jangan disimpan dalam lemari pendingin. Hal ini dapat menyebabkan buah tersebut menjadi tidak matang (bantet) karena suhu yang dingin akan menghambat proses pematangan. Buah lokal cukup diletakan di udara terbuka (suhu kamar) agar lekas matang. Untuk buah lokal yang sudah matang boleh diletakan dalam lemari pendingin.
2. Untuk buah impor sebaiknya disimpan langsung di dalam lemari pendingin untuk mencegah proses pematangan. Sifat buah impor pada umumnya sudah agak matang sehingga dapat segera disimpan dalam lemari pendingin.
3. Baik buah lokal maupun buah impor yang sudah matang dapat disimpan dalam lemari pendingin, tetapi disarankan agar buah yang sudah matang tersebut dimasukkan terlebih dahulu ke dalam plastik kemasan pada saat akan menyimpan buah tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penyerapan kadar air pada buah yang dilakukan oleh lemari pendingin selama proses pendinginan. Jika terjadi penyerapan kadar air, maka buah akan cepat keriput dan mengering.
Selamat mempraktikan.....

1 comment:

Anonymous said...

Ndra...terimakasih atas sharingnya...the best experience from business practical.

Warm Regard
Fadilul